Pages

Saturday, April 14, 2018

Mengaktifkan Touchpad pada Linux Mint

Mengapa akhirnya saya memilih untuk menggunakan sistem operasi Linux Mint disamping Windows 7? Karena menurut saya Linux Mint ini sudah sangat lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan saya sebagai pemula dalam penggunaan Linux. Selain itu, usai instalasi Linux yang memang sangat mudah, hampir semua hardware ter-detect dan tidak perlu konfigurasi ulang.
Itu sebabnya, setelah beberapa kali berganti-ganti distro Linux, akhirnya saya memantapkan diri untuk memilih Linux Mint sebagai pasangan hidup pasangan Windows 7 pada Lenovo B460 saya.

Tetapi, memang hanya satu hardware saja yang tidak terinstall dengan baik pada Linux Mint, ketika instalasi selesai. Touchpad. Tetapi untuk mengaktifkan touchpad pada Linux Mint tidak sulit, tidak perlu mengetik command pula pada Terminal.

Untuk mengaktifkan touchpad laptop pada Linux Mint, yaitu pilih Menu --> Control Center . Sehingga akan muncul window dibawah

Tampilan pada Control Center

Kemudian, pada bagian Hardware, pilih Mouse, sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini

Tampilan pada Mouse Preferences

Pada Mouse Preferences pilih General, kemudian klik centang Enable mouse clicks with touchpad. Dan pada Scrolling klik centang pada Enable horizontal scrolling.

Dan kemudian, touchpad laptop sudah bisa digunakan untuk klik. Mudah sekali kan. Semudah itu pula penggunaan Linux Mint ini.

No comments:

Post a Comment

Setting VPN L2TP di Macbook

Beberapa waktu yang lalu, ketika hingar bingar Pemilu disini sedang berlangsung. Kemudian adanya ajakan untuk melakukan aksi damai yang dise...